Kamis, 05 April 2012

PANCASILA DALAM AL-QUR’AN



Pancasila merupakan dasar dalam Negara Republik Indonesia, dimana dasar Negara ini merupakan patokan dalam pembentukan Negara Indonesia sehingga dalam mencapai tujuan Negara Indonesia harus berlandaskan dalam pancasila. Sedangkan al quran merupakan sumber hukum islam yang pertama dan utama. Manusia dalam berbuat harusalah berlandaskan pada al-qur’an karena al qur’an adalah  sebgai petunjuk bagi semua umat manusia. Keterkaitan antara pancasila sebagai dasar Negara Indonesia ini tentu dalam pembuatannya tidaklah asal-asalan. Selain itu dalam pancasila ini ternyata juga sangat erat berkaitan dengan al-qur’an sebagai patokannya. Hal in dapat di lihat pada uraian berikut ini :
1.      Ketuhanan Yang Maha Esa.pada sila pertama ini Indonesia menyatakan bahwa tuhan itu esa. Di dalam salah satu ayat al-quran hal ini sudah di jelaskan dalam surat al baqoroh yang menjelaskan bahwa tuhan itu esa. Yakni pada Al Baqarah ayat 163 :
ö/ä3ßg»s9Î)ur ×m»s9Î) ÓÏnºur ( Hw tm»s9Î) žwÎ) uqèd ß`»yJôm§9$# ÞOŠÏm§9$# ÇÊÏÌÈ  
“ dan Tuhanmu adalah Tuhan yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

2.      Kemanusiaan yang Adil dan Beradab . pada sila kedua ini mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan serta untuk selalu bersikap adil dan manusia yang beradab. Dalam alqu’an hal ini di singgung pada surat al maa’idah ayat 8. Disini dijelaksan bahwa islam juga selalu mengajarkan kepada umatnya untuk selalu bersikap adil dalam segala hal , baik pada diri sendiri maupun keapda orang lain dan alam.
$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãYtB#uä (#qçRqä. šúüÏBº§qs% ¬! uä!#ypkà­ ÅÝó¡É)ø9$$Î/ ( Ÿwur öNà6¨ZtB̍ôftƒ ãb$t«oYx© BQöqs% #n?tã žwr& (#qä9Ï÷ès? 4 (#qä9Ïôã$# uqèd Ü>tø%r& 3uqø)­G=Ï9 ( (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 žcÎ) ©!$# 7ŽÎ6yz $yJÎ/ šcqè=yJ÷ès? ÇÑÈ  
“ Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu Jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk Berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

3.      Persatuan Indonesia . pada pancasila sila ke tiga ini memberikan dasar untuk Negara indonesia Indonesia agar bersatu menjadi satu peratuan. Di dalam islam pun juga telah di jelaskan pula bahwa umat islam sudah seharusnya untuk selalu bersatu dan menjaga persatuan serta kesatuan. Penjelasan ini disebutkan dala surat Ali Imran ayat 103 :

(#qßJÅÁtGôã$#ur È@ö7pt¿2 «!$# $YèÏJy_ Ÿwur (#qè%§xÿs? 4 (#rãä.øŒ$#ur |MyJ÷èÏR «!$# öNä3øn=tæ øŒÎ) ÷LäêZä. [ä!#yôãr& y#©9r'sù tû÷üt/ öNä3Î/qè=è% Läêóst7ô¹r'sù ÿ¾ÏmÏFuK÷èÏZÎ/ $ZRºuq÷zÎ) ÷LäêZä.ur 4n?tã $xÿx© ;otøÿãm z`ÏiB Í$¨Z9$# Nä.xs)Rr'sù $pk÷]ÏiB 3 y7Ï9ºxx. ßûÎiüt6ムª!$# öNä3s9 ¾ÏmÏG»tƒ#uä ÷/ä3ª=yès9 tbrßtGöksE ÇÊÉÌÈ  
“ dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.”

4.      Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan.  Pada sila ke empat ini selaras dengan apa yang digariskan dalam al-qur’an  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Islam selalu mengajarkan untuk selalu bersikap bijaksana dalam mengatasi segala permasalahan kehidupan. Hal ini diterangkan dalam al qur’an surat Shaad ayat 20 :
$tR÷Šyx©ur ¼çms3ù=ãB çm»oY÷s?#uäur spyJõ3Åsø9$# Ÿ@óÁsùur É>$sÜσø:$# ÇËÉÈ  
“ dan Kami kuatkan kerajaannya dan Kami berikan kepadanya hikmah[1301]dan kebijaksanaan dalam menyelesaikan perselisihan.”

Selain itu di dalam islam juga selalu mengajarkan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan demokratis.. hal ini d jelaskan dalam surat ali imran ayat 159:
$yJÎ6sù 7pyJômu z`ÏiB «!$# |MZÏ9 öNßgs9 ( öqs9ur |MYä. $ˆàsù xáÎ=xî É=ù=s)ø9$# (#qÒxÿR]w ô`ÏB y7Ï9öqym ( ß#ôã$$sù öNåk÷]tã öÏÿøótGó$#ur öNçlm; öNèdöÍr$x©ur Îû ͐öDF{$# ( #sŒÎ*sù |MøBztã ö@©.uqtGsù n?tã «!$# 4 ¨bÎ) ©!$# =Ïtä tû,Î#Ïj.uqtGßJø9$# ÇÊÎÒÈ  
“ Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.”

5.      Keadilan Social Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Pada sila yang ke lima ini menggambarkan untuk bahwa masyarakat Indonesia harus berlaku yang adil, makmur, aman dan damai. Keadan masyarakat seperti ini sudah dianjurkan dalam al-qur’an surat An Nahl ayat 90:
* ¨bÎ) ©!$# ããBù'tƒ ÉAôyèø9$$Î/ Ç`»|¡ômM}$#ur Ç!$tGƒÎ)ur ÏŒ 4n1öà)ø9$# 4sS÷Ztƒur Ç`tã Ïä!$t±ósxÿø9$# ̍x6YßJø9$#ur ÄÓøöt7ø9$#ur 4 öNä3ÝàÏètƒ öNà6¯=yès9 šcr㍩.xs? ÇÒÉÈ  
“ Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) Berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar