Kamis, 01 November 2012

Kahadiran Rasulullah ke Bumi



Kehadiran Nabi Muhammad adalah untuk menyempurnakan akhlak. Nabi bersabda :
“Aku tidak di utus kecuali untuk mnyempurnakan akhlak Yang buruk”
Dari sabda ini dapat diketahui bahwa tujuan kehadiran beliau kebumi adalah untuk mnyempurnakan akhlak. Selain sabda rasulullah, di dalam  dlm al qur”an allah berfirman :” kami tidak mengutus mu kecuali untuk membawa rahmat ke seluruh alam”
Rasulullah sebagai utusan dari allah adalah untuk mengajarkan akhlak yang mulia, akhlak yang diajarkan ini adalah bertujuan  untuk menghiasi diri muslim, sehingga setiap muslim haruslah mempunyai akhlak berdasarkan rahmat dan kasih sayang.
Akhlak merupakan kata yang berbentuk   jamak. Kata  Akhlak  seakar Dengan Khalik,yang berarti  sang pencipta, dan makhluk yang berarti yang diciptakan,
Kata Akhlak pada mulanya berarti pembiasaan dan memanglah akhlak itu harus dibiasakan. kegiatan2 yang dilakukan dengan mudah tanpa terpaksa disebut dengan akhlak, akhlak ada 2 macam, yaitu akhlak baik dan akhlak buruk.
Antara Khalik, makhluk dan akhlak adalah hal berkaitan, Dalam kitab agama ditemukan bahwa allah menciptakan manusia sesuai dengan kadarnya. Setiap  manusia diberi potensi untuk mencontohi dan menaladani sifat2 yang dibawakan oleh Nabi. Oleh karena itu nabi bersabda, “berakhlaklah kalian dengan akhlak tuhan sesuai dengan kemampuan kalian sebagai makhluk.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar