Rabu, 07 November 2012



Tujuan pernikahan adalah menciptakan sakinah, sakinah tercipta melalui pemanfaatan potensi-potensi yang dimiliki olehmanusia yang di angrahkan allah kepada suami-istri dan juga peranan seluruh  anggota keluarganya.
Perkawinan di dalam alqur’an terdapat dua kata,yaitu nikah dan zawajj. Dua kata ini merupakan kata yang harus diperhatikan. Pernikahan tidak sah jika tidak menggunakan salah satu dari dua kata ini karena dua kata ini merupakan kata pilihan allah . nikah berarti menyatu dan zawajj artinya keberpasangan.
Pasangan suami istri harus senantiabersatu.ketika mereka bersama sesungguhnya dia adalah berbeda namun harus menyadari bahwa mereka adalah 2 sosok yang diciptakan untuk  berpasangan. Di dalam alqur’an dijelaskan bahwa setiap makhluk diciptakan berpasanga-pasangan.
¼çm¯Rr&ur t,n=y{ Èû÷üy_÷r¨9$# tx.©%!$# 4Ós\RW{$#ur ÇÍÎÈ  
Artinya :  dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita.
Cinta bukanlah pemaksaan kehendak tetapi dialog antara dua manusia.  Seorang yang mencintai seseorang harus mengakui kepribadian masing-masing tanpa harusmeleburkan salah satu kepribadiannya karena seseorang diciptakan dengan kepribadian yang berbeda-beda agar dapat saling melengkapidari pasangan tersebut.
Bukan cinta namanya jika memaksakan siapa yang mencintai dirinya dan bukan cinta pula siapa yang memaksakan kehendaknya. Cinta harus diperjuangkan dan memperjuangkannya itu melalui potensi yang dianugrahkan allah kepada manusia yaitu potensi mawadah.
rahmat adalah suatu persaan , suatu kondisi kejiwaan yang mengantar seseorang merasakan perih melihat ketidak berdayaan pihak lain. Seorang suami harus memmpunyai rahmat (kasih)dan pedih ketika melihat istri berada dalam ketidak berdayaandan berusaha mengurangi ketidakberdayaan tersebut serta membernya semangat. Begitu pula dengan seorang istri juga harus memiliki sifat rahmat ketika melihat suaminya berada dalam ketidakberdayaan dan berusaha untuk menghibur dan mengurangi keberdayaanya. Hal seperti itulah yang dinamakan mawadah warahmah.
Pasangan suami – istri harus memounyai kesamaan2 dan juga perbedaan. Kesamaan2tersebut paling tidak ada 4dann ada satu perbedaan. Kesamaan2 tersebut adalah sama2 hidup, sama2 dewasa, sama2 cinta dan sama2 bertanggung jawab. Sama2 hidup. Hidup adalah sama sama mersakan , sama2 bergerak dan sama2 tau. Jangan sampai menyembunyikan sesuatu dari pasangan ,jangan bergerak , berbeda langkah dengan pasangan dan hendak ersakan kesamaan.sedangkan satu perbedaan tersebut adalah yang satu lelaki dan yang satu perempuan.
Dalam pasangan suami istri ada beberapa perbedaan sifat. Jangan sampai laki0laki menjadi permepuan dan perempuan menjadi laki-laki.  Sifat – sifat terpuji yang harus dimiliki oleh pasanangan yaitu, seorang laki-laki harus mempunyai sifat terpuji antara lain berani, murah tangan dan rendah hati. Sedangakan sifat terpuji bagi perempuan antara lain hati yang tinggi, tangan tertutp yang artinya tidak boros sehigga mampu megatur harta dan pengahsilan suami serta sifat tidak berani bertindak tanpa seizing suaminya. Itulah perbedaan sifat sifat yang harus dimilki oleh laki-laki perempuan agar dapat membina rumah tangga yang sakinah mawadah warrahmah..  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar